Rabu, 02 Januari 2013

HAKIKAT KITA SELAKU MANUSIA SEBAGAI MAHLUK YANG PALING MULIA


Manusia hakikatnya adalah mahluk yang diciptakan Tuhan sangat sempurna sehingga manusia disebut mahluk yang sangat mulia dibandingkan mahluk lain yang di ciptakan Tuhan, Manusia di anugrahi Akal dan Pikiran oleh Tuhan untuk berfikir dan bertindak sehingga manusia memiliki kemampuan untuk memilih hal baik untuk dirinya dan mana hal yang buruk untuk dirinya.
Perkembangan umat manusia sangatlah cepat mulai dari Zaman Prasejarah, munculnya Manusia Purba hingga kini menjadi Manusia yang Modern dan Dinamis,Ilmu pengetahuan berkembang pesat dan penemuan-penemuan Teknologi pun tak kalah bersaing dapat dikatakan berbanding lurus dengan perkembangan manusia masa kini.
Secara Ilmu Pengetahuan manusia diciptakan sebagai Mahluk Sosial yang tidak akan pernah lepas dan selalu berhubungan serta memerlukan Orang lain,selain itu Manusia memiliki sifat yang tidak pernah merasa puas terhadap segala sesuatu,sehingga manusia juga bisa golongkan mahluk yang sangat rakus terhadap segala sesuatu.
Selain itu manusia juga diberikan hawa nafsu oleh Tuhan,fungsi hawa nafsu ini adalah bisa diibaratkan sebagai alat pendorong sebuah keinginan sehingga dengan diberinya hawa nafsu ini manusia diharapkan bisa belajar dan bekerja untuk mencapai keinginannya, atu untuk mencapai tujuan dalam hidupnya.
Namun sayangnya dengan segala kelebihan dan dan kemuliaan yang diberikan Tuhan kepada manusia, Kita selaku manusia sering menyalah gunakannya, akhirnya bukan kebaikan yang didapat namun kerusakanlah yang ditimbulkan.
Dalam keseharian Kita sering sekali melihat dan merasakan sendiri betapa banyaknya masalah dan kerusakan yang diciptakan oleh Manusia, mulai dari Penyalahgunaan akal dan pikiran untuk berbuat buruk kepada orang lain, penyalah gunaan ilmu pengetahuaan untuk mencelakai manusia lainnya, contohnya Ilmu Pengetahuan tentang tenaga Nuklir sering disalah gunakan untuk senjata perang yang akibatnya banyak sekali korban dan kerusakan yang terjadi akibat penyalahgunaan tersebut.
Selain itu Manusia diberikan akal untuk berfikir yang baik dan harus bisa bermanfaat bagi orang lain, namun kenyataan nya banyak sekali prilaku manusia yang ceroboh, menyalahgunakan wewenang, melakukan korupsidan hal-hal yang tidak bermanfaat dan hanya menyusahkan Orang lain.
Lalu manusia diberikan hawa nafsu seharusnya untuk menjadikan dirinya menjadi lebih baik, namun kenyataannya manusia menggunakan hawa nafsu untuk berbuat buruk, berbuat serakah terhadap segala sesuatu yang diinkannya tidak peduli caranya haram asal dia terpenuhi hasratnya,
Kalo kita bercermin dan merenung diri, ternyata banyak sekali prilaku kita yang menyakiti hati dan perasaan orang lain, kalo diibaratkan kita mau menampar pipi orang lain, cobalah dulu pada pipi kita sebdiri, pastilah sakit bukan? Maka oleh sebab itu kita selaku mahluk Tuhan yang sangat di muliakan ini harus bisa menjaga wasiat yang di berikan tuhan diantanya yaitu, akal,Pikiran dan hawa nafsu, dan senantiasa diri kita bisa bermanfaat bagi Orang lain.Semoga dengan Prilaku kita yang baik bisa menyelamatkan kita dari siksa dunia dan akhirat amin.

0 komentar:

Posting Komentar