Selasa, 08 Januari 2013

5 langkah mudah Memilih Program Studi & Karier yang Tepat!


Salam Pramuka!
Para pembaca yang budiman, Alhamdulillah setelah kakak mengikuti Seminar Prodi & Karier,kini kakak ingin berbaagi Tips lagi khususnya buat Adik-adik ataupun kaka-kakak yang ingin melanjutkan karier ataupun  melanjutkan sekolah atau Kuliah, Kakak punya Tips nih, yaitu “5 Langkah Mudah Memilih Program studi & Karier yang Tepat” mari kita baca bersama-sama.

Masa depan kita ditentukan melalui perencanaan yang matang,tidak boleh sembarangan, salah langkah bias-bisa cita-cita menjadi terpuruk,semakin baik persiapan kita maka semakin Oke! Juga karier kita, oleh sebab itu kita tidak boleh salah memilih Program Studi.
Berikut ini 5 Langkah mudah memilih Program Studi:

  1. 1.      Mulai dengan melihat minat,bakat dan kepribadianmu melalui Tes Minat dan bakat,Dari situ Kita akan mendapat bayangan Jalur karir apa yang paling sesuai dengan diri kita.
  2.            Pilih Industri/Perusahaan mana yang menjadi target,terutama yang memiliki Prospek cerah , informasi mengenai ini bias kita akses melalui Internet,ataupun Surat kabar.
  3. .      Langkah berikutnya cari informasi yang akurat melalui jenis-jenis pekerjaandalam suatu Perusahaan ,lengkap dengan Kompetensi dan Keterampilan yang dibutuhkan,termasuk jenjang kariernya,Kita bias menayakan ke Orang Tua, Sanak Familly ataupun menanyakan pada narasumber yang terpercaya.
  4. .      Nah ,baru kita bisa buat perencanaan karier yang sesuai dengan minat,bakat dan kepribadian kita, Buat rencana kariermu dalam sebuah  kalimat,Contoh: “Saya ingin menjadi Manager di Perusahaan BUMN”
  5. .      Berdasarkan rencana karier itu ,pilihlah Program Studi yang mendukung.Cermati kurikulumnya dan perhatikan keterampilan apa yang ideal sebagai penunjang karier misalnya Sertifikasi khusus dan lain-lain.

Nah, kalau kita sudah tahu sekarang apa yang harus kita lakukan ? sekarang saatnya untuk BERTINDAK! Supaya tujuan kita dapat tercapai kita harus buat jadwal yang terencana dan Disiplin waktu!. Terimakasih Salam Pramuka!

0 komentar:

Posting Komentar